Kamu Sedang Naik atau Turun?

Kamu Sedang Naik atau Turun?
Beberapa waktu lalu saya dipercaya untuk berkolaborasi dengan teman-teman dari Career Center Psikologi UGM sebagai salah satu pembicara untuk project pembekalan mahasiswa yang sedang magang. Saat itu saya diminta untuk take video di Gedung D lantai 6 Psikologi UGM, dan karena hari tersebut adalah Sabtu yang dimana lift tidak dioperasikan, maka dengan semangat 86 saya bersama rekan saya Alfandy Dafa Zein menapaki tangga sampai lantai 6.

Hal yang menarik selama kami menapaki tangga tersebut, banyak tulisan yang ada disepanjang anak tangga menuju lantai 6. Tulisan-tulisan tersebut bernadakan motivasi yang intinya bahwa naik tangga itu baik untuk kesehatan. 

Sama hal nya dengan hidup dan kehidupan kita, dimana ketika kita mendaki ke atas baik karir maupun segi hidup yang lain pastinya akan jauh lebih berat, sehingga ketika kita sedang menanjak perlu sekali adanya motivasi baik dari luar maupun dalam diri kita. Supaya dalam perjalanan kita ke atas, semangat kita terus ada. Walau tidak mengecilkan kita masih manusia yang bisa sambat dan tobat dengan perjalanan yang semakin berat.

Berhenti sejenak untuk membaca kalimat-kalimat di anak tangga tersebut tidak selalu menambah motivasi, bahkan ada beberapa kalimat yang membuat kami mengerutkan dahi bahkan tertawa. Tapi bukanya perjalan hidup kita juga seperti itu, kadang ada motivasi dari orang lain yang menurut kita tidak cocok atau bahkan lucu, bukan berarti mereka salah atau tidak membantu, tapi justru mereka yang memberi keseruan dalam perjalanan tersebut. 

Anehnya adalah ketika kami turun dari lantai 6, sama sekali kami tidak melihat kalimat-kalimat motivasi seperti ketika kami naik ke atas.

Hal ini membuktikan juga bahwa perjalanan turun itu cenderung lebih mudah, sehingga tidak perlu kata-kata motivasi pun gak ada masalah. 

Kalau kamu sekarang masih sering butuh motivasi, atau juga sering lelah sambat dan tobat, berarti kamu sedang naik!
Tapi kalau kamu biasa aja, gak butuh motivasi, gak pernah sambat, gak pernah lelah, so mungkin kamu sedang turun.

So pertanyaannya sekarang, kamu sedang naik atau turun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.