Pengen Naik Gaji?

Inter Milan berhasil memenangkan piala Coppa Italia setelah berhasil menumbangkan Juventus dengan kedudukan akhir 4-2 untuk Inter Milan.

Ivan Perisic menjadi penentu kemenangan dengan mengemas 2 gol terahir Inter Milan dan juga sekaligus menjadi pemain terbaik pertandingan itu. Ivan Perisic juga merupakan pemain paling konsisten yang dimiliki oleh Inter Milan di musim ini, dia sudah mencetak 7 goal dan 6 assis selama musim 2022 dan juga memberikan banyak kontribusi untuk timnya.

Namun sayangnya kontrak bermain bersama Inter Milan sepertinya akan habis bulan Juni 2022 ini. Konon kabarnya penawaran kontrak baru dari Inter Milan tidak sesuai dengan apa yang diminta Perisic, perbedaan gaji antara penawaran dan permintaan yang menjadi satu faktor krusial untuk lolosnya kontrak baru Perisic.

Saya ingat ketika exit interview dari HRE Excellency, saat itu yang mewawancarai saya secara langsung adalah Bapak Anthony Dio Martin selaku direktur utama. Saya masih ingat satu petuah beliau yang sampai sekarang saya terus hidupi dan pegang, “Skill yang kamu kembangkan buat perusahaan itu buat kamu, bukan buat perusahaan, jadi jika kamu keluar dari perusahaan tersebut skill nya masih nempel di kamu. Ketika skillmu banyak, dan kamu keluar, yang rugi perusahaan bukan kamu.” yang mana intinya adalah saat kamu bekerja, kembangkan skillmu, latih, gunakan untuk kebaikan mu dan kebaikan perusahaan. Jika pekerjaanmu A, so kerjakan A dengan maksimal. Setelah selesai coba kerjakan B, belajar C, tanya-tanya tentang D. Sehingga nanti ketika selesai dengan perusahaan tersebut skill mu menjadi ABCD. Coba bayangkan kalau selama bekerja hanya mengerjakan hal sesuai job desk nya saja yakni pekerjaan A. Apa skill yang kamu miliki sekarang?

Banyak yang berpikir “Rugi dong klo saya mengerjakan hal yang bukan job desk saya” “Perusahaan seneng dong klo gitu” “Keenakan atasan saya klo gitu” “yang kaya perusahaan, saya dapat terimakasih” dll.

Monggo sih kalau masih mau berpikir seperti itu, tapi kalau saya selama masih bisa membantu, berkresai, memberi kontribusi lain, tentunya saya akan saya lakukan. Tapi saya harus pastikan perkejaan utama saya beres.

Kenapa saya lakukan itu, ya satu hal, supaya HASIL yang saya dapat bisa BERUBAH Menjadi lebih BESAR. Ketika saya meminta penawaran gaji yang lebih tinggi, saya bisa memberikan bukti kalau saya bisa memberi kontribusi sebesar gaji yang saya inginkan, dan kalau pun ditolak perusahaan maka masih banyak perusahaan lain diluar saya yang dengan senang hati memberi gaji sesuai yang saya inginkan.

Sama dengan Perisic, dia menuntut kenaikan gaji dari kontrak sebelumnya, namun tidak hanya menuntut tanpa memberikan kontribusi. Dia bermain dengan maksimal dan konsisten selama ini, kontribusi nya sangat besar untuk Inter Milan. Dengan hal itu, sepertinya Inter Milan akan luluh untuk memberikan gaji yang diinginkan Perisik. Kalaupun Inter Milan menolak, masih banyak Club Bola lain yang siap meminang Perisic dengan Gaji yang dia inginkan.

So, kamu sekarang, ingin naik gaji?? kontribusimu apa buat perusahaan? apa inisiatifmu dalam pekerjaanmu? kalau masih sama tidak berbeda dengan sebelumnya, coba dibalik saja kamu jadi bos nya. Anak buahmu menuntuk naik gaji, tapi pekerjaannya tidak ada perubahan.

Dinaikin sih, tapi cuma buat menyesuaikan inflasi..

Salam.,

One thought on “Pengen Naik Gaji?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.