Sukses itu seperti durian

Tau buah durian? Iya buah yg banyak digandrungi seantero indonesia, bahkan diluar sana disebut King of fruit! Rajanya buah! Tapi tidak sedikit juga yg gk suka bahkan jijik dengan buah ini, pernah liat di salah satu episode fear factor yg memberikan tantangan makan durian! Bayangkan, makan durian jadi seauatu yang menakutkan diluar sana.

Tapi mari kita lihat dr sudut pandang orang yg sukak dengan buah ini. Bagi penggila buah ini, mreka kadang melakukan banyak cara untk mendapatkan buah ini, salah satunya dengan membelinya langsung. Atau kalau berpikiran jauh ke depan dan punya lahan ada juga yang menanamnya dengan harapan akan dapat buahnya kelak.

Trus hubungannya dengan sukses apa? Iya sukses itu seperti durian, isi yang enak itu dibalut dengan kulit yang keras. Sama juga dengan kesuksesan, untuk meraih.sukses itu kita harus bekerja keras bahkan berpikir keras karena kata orang tidak cukup kerja keras, harus dibarengi dengan kerja cerdas.

Selain itu kulit durian tidak hanya keras, tapi berduri! Bukankan unt sukses juga kita harus melewati masalah-masalah yg berduri? Masalah yang seringnya melukai, masalah yang tajam, masalah yang bahkan bisa membuat kita hancur. Tapi dibalik masalah itu, pasti ada nilai dan pembejalaran yang bisa kita gunakan untuk mencapai kesuksesan itu sendiri.

Lalu ketika kita sudah bisa mengahadapi.kulit yang keras dan berduri baru kita bisa menikmati isinya. Sama juga dengan kesuksesan, sukses bisa diraih dengan kerja keras plus cerdas dan mau menghadapi masalah yang menghadang.

Tapi lihat, isi durian ketika kita buka tidak semua isinya langsung terlihat! Hanya sebagian kecil isi yang bisa kita nikmati. Dan untuk menikmati isi yang lain, kita perlu berhadapan dengan kulit keras berduri LAGI. Bukankan sukses juga seperti itu, ketika kita ingin naik kelas kesuksesan kita, pasti kita harus berusaha lagi. Orang-orang sukses diluar sana, hampir smua ketika menginginkan kesuksesannya bertahan lama mreka harus terus berusaha. Tak jarang kita melihat mereka yang sukses melihat dengan sudut pandang yang salah. Sudut pandang yang melihat bahwa orang kalau sudah sukses tinggal ongkang-ongkang kaki dan suksesnya akan terus bertahan. Sepertinya itu kurang tepat.

Ketika kita kenal baik dengan orang yang sudah sukses, tentu kita tau mereka akan tetap bekerja keras dan cerdas untuk terus bisa mempertahankan kesuksesannya dan tentu juga menambah kesuksesannya.

Yang menarik ada beberapa orang yang sukses tanpa ada proses yang berarti! Tapi, lihat perbandingannya, lbh banyak yang berproses panjang atau yang tanpa banyak proses??

Jadi, kalau ingin sukses pasti ada proses. Mari nikmati setiap proses yang ada, menikmati dalam kesukaan, kengerian, kesakitan, ketangisan dan ke ke yang lain.

Salam.
Gideon Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.